Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman

Prosedur Penyedotan Lumpur Tinja

Penjelasan  Prosedur

 

No.

Langkah-langkah

Kelengkapan

1

Proses dimulai

 

2

Pelanggan mengajukan permohonan sedot tinja

 

3

Petugas Pelayanan Pelanggan menerima permohonan penyedotan tinja, meregistrasi permohonan penyedotan tinja dan menyampaikan permohonan kepada POKJA I

Form Permohonan Penyedotan Tinja

4

Petugas Operasional (POKJA I) Melakukan pengecekan lapangan

Form Kelayakan Sedot Tinja

5

Petugas Operasional Menginformasikan kepada pelanggan apabila tidak bisa dilakukan penyedotan

 

6

Proses selesai

 

7

Petugas Operasional Melakukan estimasi kubikasi dan biaya retribusi apabila bisa dilakukan penyedotan

 

8

Petugas Pelayanan Pelanggan Cek Jadwal truk tinja

 

9

Supir dan Asisten Supir Truk :

·         Melakukan penyedotan (bisa oleh truk tinja milik UPTD maupun swasta)

·         Menyampaikan informasi biaya retribusi ke pelanggan

Form Surat Tugas Penyedotan Tinja

10

Supir dan Asisten Supir Truk  Memindahkan lumpur tinja ke IPLT

 

11

Supir dan Asisten Supir Truk mencatat Kubikasi dan menyerahkan data ke Sub Bagian TU (Petugas Pelayanan Pelanggan)

 

12

Petugas Pelayanan Pelanggan melakukan penagihan dan penarikan retribusi ke pelanggan

 

13

Bendahara Penerimaan Menerima setoran retribusi

 

14

Proses selesai